Sabtu, 27 Juli 2013

mobil holden

Mobil Holden


Salam penulis...

Hallo pembaca..
apakah anda tau mobil Holden? apakah anda memilikinya dirumah? atau dulu bapak pernah punya mungkin? atau juga anda sangat berhasrat memilikinya sekarang?
setiap pembaca pasti punya jawabanya sendiri.. 
di blog ini saya mencoba berbagi sedikit pengetahuan saya tentang mobil Holden, mobil yang selalu membuat pengendara mobil lain melirik, melotot, dan terkesan melihat bentuknya yang sangar, gagah, sexy, atau apalah.. kalopun tak melihatnya siapa saja akan tertarik perhatiannya karena mendengar suaranya yang bising, khas 6 silinder in-line yang lebih akrab dan fenomenal dituliskan dengan kata BLAARR!

Langsung saja saya mulai dengan sejarahnya.. haha..

Pada awalnya Holden adalah sebuah perusahaan pembuatan sadel kulit di pinggiran kota King William Street Rundle dan di Adelaide Australia selatan, perusahaan ini didirikan oleh James Alexander Holden pada tahun 1856, kemudian pada tahun 1885 Holden bekerja sama dengan perusahaan pembuatan kereta kuda milik Henry Adolf Frost yang diberi nama "Holden and Frost"

Pada tahun 1910 Holden and Frost mencoba mengotak-atik kendaraan bermotor namun kurang berhasil, kemudian pada tahun 1914 untuk pertama kalinya Holden and Frost mencoba membuat body mobil untuk dipasangkan dengan rangka mobil mermerek "Lancia" dan berhasil. Dengan suksesnya percobaan itu Holden and Frost mendapat order yang cukup besar dari perusahaan mobil "Dodge" asal America, ironisnya perusahaan mobil "Dodge" nantinya akan menjadi pesaing utama dari perusahaan mobil Holden.

Pada perang dunia pertama tahun 1917 hampir melibatkan semua industri di Inggris, pemerintah Australia melakukan embargo kepada America dengan melarang semua jenis impor kendaraan bermotor. Sulitnya menyimpan barang impor menyebabkan impor rangka kendaraan sangat dibatasi, sementara kebutuhan akan kendaraan bermotor terus meningkat. Kondisi ini menyebabkan agen-agen kendaraan yang tadinya menggunakan rangka impor mulai beralih ke perusahaan lokal.
Dan akhirnya pada tahun 1919, "Edward Wheeldon Holden" mendaftarkan "Holden's Motor Body Builders" sebagai perusahaan khusus pembuatan body kendaraan bermotor.

Awalnya Holden's Motor Body Builders membangun body untuk perusahaan mobil bermerk Overland, Chevrolet, Durant, Hupmobile, dan Dodge. Holden's Motor Body Builders berkembang sangat cepat, dalam kurun waktu 4 tahun Holden's Motor Body Builders mampu memproduksi lebih dari 12.000 body per tahun.
Pada tahun 1924 Holden's Motor Body Builders menjadi satu-satunya perusahaan pembuat body kendaraan yang memproduksi body mobil atas pesanan General Motor/GM, dengan total kapasitas lebih dari 22.000 body dimana 11.000 diantaranya diproduksi untuk General Motor/GM

Simbol pertama Holden's Motor Body Builders
Pada tahun 1928 George Rayner Hoff merancang simbol/logo yang akan digunakan untuk semua produksi kendaraan bermotor dari Holden's Motor Body Builders, dengan gambar berupa "Singa dan Batu" untuk melambangkan legenda manusia yang menciptakan roda. Simbol ini bertahan sampai saat ini meski telah beberapa kali mengalami penyempurnaan.

Pada tahun 1930 terjadi krisis ekonomi global yang menyebabkan turunya produksi, yang menyebabkan Holden's Motor Body Builders menjual sahamnya kepada General Motor America di Australia pada tahun 1931 dan mengganti namanya menjadi General Motors Holden. Upaya ini dilakukan bukan sepenuhnya untuk mencari keuntungan, akan tetapi lebih kepada tindakan pemerintah Australia untuk membekukan uang supaya modal yang ada tidak lari ke luar negeri.

Pada tahun 1934, Larry Hartnett (yang nantinya di beri gelar sebagai Sir Laurence Hartnett) telah dikirim ke Australia oleh GM sebagai Managing Director perusahaan ini.
Pada tahun 1935, perekonomian dunia mulai pulih dan di bawah kepemimpinan Larry Hartnett, GM-Holden berhasil kembali menaikkan produksinya.
Setahun kemudian, Larry Hartnett mulai merencanakanproduksi yang seluruhnya benar-benar produk asli Australia, namun kembali terjadi perang dunia ke dua, yang akhirnya menghentikan proyek ini. Setelah perang selesai, Pemerintah Australia kembali melanjutkan proyek ini dan telah menawarkan ke seluruh perusahaan yang ada di Australia, akan tetapi hanya satu perusahaan yang mampu yaitu tetap General Motors Holdens.

Produksi mobil Holden sendiri baru dimaulai pada tahun 1948, dengan diluncurkannya Holden dengan seri 215FX atau juga disebut Holden 48 sesuai tahun pembuatanya. Berikut ini adalah daftar produksi mobil Holden berdasarkan seri/edisi tahun produksinya :

- Holden 48/215 FX 1948 - 1953
Sebuah mesin 6 silinder telah lunas pada sebagai kompromi antara mobil Inggris (yang terutama merangkak) dan model AS, yang sering ditawarkan versi V8. Mesin Holden, yang blok yang dicat abu-abu kusam (maka julukan), adalah 'mesin persegi' dengan kapasitas 2,15 liter. Dinilai pada 21,6 hp, yang berkembang sekitar 60 bhp / 45 kW. Meskipun kode model resmi adalah 48-215 (mewakili tahun 1948 dan 2,15 liter), Holden pertama secara luas dikenal sebagai FX

- Holden FJ 1953 - 1956
FJ datang setelah lima tahun memproduksi 48-215 (FX) dan pada dasarnya mobil yang sama dengan perubahan kecil 








- Holden FE 1956 - 1958











- Holden FC 1958 - 1960
suatu kebetulan bahwa FE Holden memiliki kemiripan yang kuat untuk 1956 Opel Kapitan, yang dibuat oleh pabrik Jerman General Motors.
FC juga menciptakan tonggak utama dalam sejarah GM-H ketika di 22 Oktober 1958 menjadi 500.000 Holden yang akan diproduksi sejak FX (48-215) menjadi lebih dari 100.000 unit


- Holden FB 1960 - 1961
Dirilis pada Januari 1960, hanya dua minggu sebelum kedatangan Ford Falcon XK, FB Holden langsung tercermin perubahan dan gaya tahun 60-an dengan "sirip" 
Dulon Cat
FB dihiasi dengan morechrome dan stainless, terutama pada sisi panelsand C-pilar







- Holden EK 1961 - 1962
Seperti halnya dengan sebelumnya 2 bentuk tubuh, FB holden itu facelifted pada tahun 1961 dan dirilis sebagai "EK".
perbaikan termasuk revisi trim interior, eksterior lencana baru dan cetakan (flash warna belakang sisi FC dan FB telah dihapus),






- Holden EJ 1962 - 1963
(Model : Special & Premier Type : Sedan, Station Wagon)
Alf Payze menciptakan gaya dari FE, FC, FB dan EK Holdens. Dia juga menggambar bentuk asli EJ.
Pada saat itu Harley Earl telah digantikan oleh Bill Mitchell sebagai kepala GM Styling. Setelah melihat model EJ diusulkan, Mitchell mengeluarkan perintah bahwa perubahan harus dilakukan
EJ adalah model pertama yang memperkenalkan model mewah "Premier" baru, dengan inovasi seperti interior kulit 



- Holden EH 1963-1965
(Model : Premier, Special. Type : Sedan, Ute, Station Wagon)
Sebuah kesuksesan, lebih dari 250.000 terjual dalam 18 bulan pertama dari rilis
RED Engine Pertama "179" Engine: Capacity: 2950cc 179 cubic inches (2.934 litres)








- Holden EF 1965 (Gagal Produksi)









- Holden HD 1965 - 1966
(Model : Premier, Special. Type : Sedan, Ute, Station Wagon)




- Holden HR dan HR 186S 1966 - 1968
(Model : Premier, Special. Type : Sedan, Ute, Station Wagon)

- Holden HK 1968 - 1969
(Model : Premier, Special, Monaro GTS. Type : Sedan, Ute, Station Wagon)








- Holden HT dan HT Brougham 1969 - 1970
(Model : Premier, Special, Monaro GTS. Type : Sedan, Ute, Station Wagon)










- Holden HG dan HG Brougham 1970 - 1971
(Model : Special, Premier, Monaro GTS. Type : Sedan, Ute, Station Wagon)



- Holden HQ 1971 - 1974
(Model : Kingswood, Premier, Statesman, Belmont, Sandman, Monaro GTS 2 & 4 door, Type : Sedan, Ute, Station Wagon, Sandman Fan)


- Holden HJ 1974 - 1976
(Model : Statesman, Statesman De'Ville,  Premier, Belmont, Sandman, Monaro GTS. Type : Sedan, Station Wagon)











- Holden HX 1976 - 1977
(Model : Kingswood, Premier, Belmont, Sandman, Monaro GTS. Type : Sedan, Ute, Station Wagon, Sandman Fan)











- Holden HZ / SL 1977 - 1979
(Model : Kingswood, Premier, Sandman, Monaro GTS. Type : Sedan, Station Wagon, Ute, Sandman Fan)

- Holden WB 1980 -1985
(Model : Premier, Sandman, Statesman, Statesman De'Ville, Caprice, Magnum. Type : Sedan, Ute, Station Wagon)











*Sumber General Motor Holden Factory/GMH Factory Book & Unique Car's Holden and Parts
*Ulasan detail tiap seri dapat dibaca di buku "BOOK OF HOLDEN FX to WB" (jika banyak peminatnya buku akan di cetak dalam bahasa indonesia)

Salam Holden Classic #BLAARR!



    

1 komentar: